Bip ... Bip... Kenapa y!


Beeppppp. Beeeppp. Beep.. eitsss... ini bukan suara lalu lalang kendaraan lho. Atau artikel tentang bisingnya kendaraan. Tapi mengenai kerusakan komputer yang kita bisa deteksi melalui suara Beep atau lebih keren disebut Beep Code (jadi, ingat sama pesan dosen "Latih Penglihatan dan Pendengaran").Bro, berikut penjelasannya semoga kalian senang,

1.     Beep 1X  ==> Tenang aja komputer anda masih baik-baik kok. G' usah cemas Bro... Namun, setelah bunyi beep dan ternyata tidak ada tampilan. Coba dicek dulu kabel dan interface monitornya apakah sudah terpasang dengan baik atau belum, kalau sudah terpasang dengan baik dan masih blank... coba dicek VGA Cardnya. (try & error)
 

2.      Beep 2X ==>  Kayaknya mulai ada yang g' beres dengan kompi Anda (kegagalan rangkaian parity). Coba dicek (debu) dan tukar posisi memorynya. Kalau masih belum bagus, dan anda merasa bahwa memory anda masih baik (baru beli!). Kayaknya kemungkinan terburuk Motherboardnya yang bermasalah.
3.     Beep 3X ==>  Mirip -  mirip beep 2X, coba dicek memorynya (Kegagalan base memory 64K).

4.     Beep 4X ==>  Sda. (Kemungkinan karena kegagalan system timer).
5.     Beep 5X ==>  Kegagalan pada processor, mungkin socketnya tidak terpasang dengan benar atau bahkan panasnya berlebihan.
6.    Beep 6X ==>   Kegagalan Chipset keyboard Controller. Chipset ini terdapat pada Mainboard. Menurutku langsung ganti mainboard baru. 
7.    Beep 7X ==>   Cek Processornya mungkin kaki-kakinya kurang pas. 

8.    Beep 8X ==>   Cek memory atau VGA Card ( try & error).
9.    Beep 9X ==>   Kerusakan pada Bios (Mainboard lagi !!!!).
10.  Beep 10X==>  Kerusakan pada CMOS (lagi !!!! Mainboard)

11.  Beep 11X==>  Kayaknya perlu bikin kesebelasan     
                                g' kok. kerusakan ini terdapat pada cache memory     

Ok, Sekian.aja Bro.. tips dari saya. Sekedar informasi bahwa yang saya tulis ini, bukanlah sesuatu hal yang mutlak. Sesuaikan dengan lapangan Bro....

No Response to "Bip ... Bip... Kenapa y!"