Pengenalan Windows

(Download link pada halaman bawah)

Microsoft Windows adalah salah satu sistem operasi komputer.Untuk menguasai komputer anda diharuskan untuk mengetahui bagian tersebut merupakan bagian dasar dari komputer.Dalam modul ini kami menggunakan Microsoft windows XP dengan pertimbangan sebagai berikut:
  • Merupakan versi windows yang paling banyak digunakan
  • Cocok untuk penggunaan Home PC
    • Penggunaan yang Friendly – user..
    Terdapat fasilitas dan kemampuan dasar yang perlu anda ketahui pertama sebelum menggunakan aplikasi Windows XP. Marilah kita mulai dari mengenal komputer terlebih dahulu.

    A. Pengenalan Komputer
        Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung menurut harchacher komputer adalah mesin menghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi,input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi. Komputer pada umumnya terbagi atas 3 bagian yaitu:
    1.Perangkat keras/fisik (hardware): Peralatan yang bersifat fisik terlihat dan bisa dijamah.
    2.Perangkat lunak (software,seringkali dikatakan sebagai program): Program yang berisi instruksi perintah untuk melakukan pengolahan data.
    3.Pengguna/User (brainware):Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan komputer.


B. Windows XP, Windows Vista & Windows Seven

  1. Windows XP
    Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober
    2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari
    2006

    Spesifikasi Windows XP
    -Prosesor 233 MHz
    -RAM 64 MB
    -VGA 24 MB
    -3GB Free Harddisk Space


     
  2. Windows Vista
    Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun

    media center. Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli
    2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada). Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November
    2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari
    2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober
    2001.

 

Kebutuhan perangkat keras
Menurut Microsoft, komputer yang dapat menjalankan Windows Vista diklasifikasikan sebagai "Vista Capable" dan "Vista Premium Ready"
  • Komputer "Vista Capable" memerlukan minimal prosesor 800MHz, 512MB RAM, dan kartu grafis dengan kelas DirectX 9. Namun klasifikasi ini tidak akan mampu untuk mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero.
  • Komputer "Vista Premium Ready" memerlukan setidaknya prosesor 1GHz, 512 MB RAM, dan kartu grafis yang kompatibel dengan antarmuka Aero minimal 128MB serta mendukum WDDM yang baru.
Komputer Vista Capable atau sejenis, memerlukan minimal prosesor dengan kecepatan 800 MHz, Memory 512 MB RAM dan kartu grafis yang mendukung DirectX 9. Komputer jenis ini tidak mampu mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero. Sebaliknya Komputer Vista Premium Ready dapat mendukung fitur "high-end" Vista tetapi, sedikitnya diperlukan prosesor 1 GHz , memory utama 1 GB, dan kartu grafis yang kompatibel dengan Aero dengan memory minimal 128 MB dan mendukung Windows Display Driver Model yang baru.
Vista Capable
Vista Premium Ready(32 bit & 64 bit)
Prosesor800 MHz1 GHz/Dual Core
Memori512MB RAM1 GB RAM
GPUmendukung DirectX 9mendukung DirectX 9, dengan Hardware Pixel Shader v2.0, dan driver WDDM
GPU Memory64 MB RAM128 MB RAM
HDD20GB40GB
Area HDD kosong15GB15GB
Perangkat lainnyaCD-ROM, Mouse dan Keyboard PS/2DVD-ROM, Mouse dan Keyboard PS/2, Speaker untuk multimedia
  1. Windows 7
Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi terbaru Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista.. Windows ini memiliki kernel NT 6.1. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober
2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.
Microsoft telah mempublikasikan spesifikasi kebutuhan minimum perangkat keras untuk Windows 7.
Spesifikasi minimal Windows 7 (yang disarankan)
Arsitektur
1 GHz 32-bit CPU
1 GHz 64-bit CPU
1 GB RAM
2 GB RAM
Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0 (Untuk Windows Aero)
Kapasitas Minimum 16 GB
Kapasitas Minimum 20 GB
DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)

 

 

 

  1. Dekstop
     
  1. Bagian – bagian Dekstop
  • Desktop adalah area yang mengisi seluruh layar dan memiliki fungsi sebagai wadah berbagai objek
  • Taskbar merupakan balok memanjang yang biasanya terletak di bagian bawah dari layar. Taskbar terdiri dari tombol start, launch bar, indikatro aplikasi aktif dan system tray.
  • Wallpaper/background adalah gambar yang menghiasi desktop.
  • Icon adalah suatu symbol atau gambar yang mewakili suatu file atau program aplikasi pada windows. Icon ini terbagi dua yaitu : Folder dan Shortcut.
  1. Menggunakan Display Properties

     

  • Themes è untuk mengganti Tema Dekstop secara keseluruhan
  • Dekstop è
    Menu untuk mengganti
    wallpaper desktop,
  • Screen Saver è
    untuk mengatur screen saver.
  • Appearance è
    Cenderung pada tampilan Taskbar.
  • Settings è
    Untuk mengatur Resolusi computer.
       
  1. Explorer
    Windows Explorer adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari beberapa versi sistem operasi
    Microsoft Windows yang menyediakan antarmuka grafis (GUI = Graphic User Interface) kepada pengguna untuk mengakses sistem berkas (baik itu sistem berkas cakram ataupun sistem berkas jaringan). Komponen Windows inilah yang mempresentasikan antarmuka kepada pengguna di dalam monitor dan mengizinkan pengguna untuk mengontrol komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. Kadang-kadang, Windows Explorer juga disebut sebagai Windows GUI shell atau "Explorer" saja.

        
    1. Partisi
      Partisi adalah pengaturan data pada harddisk. Atau bisa juga proses pembagian ruang ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk, kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi(Contoh: C: D: E:) File System pada harddisk berbeda-beda jenis dan kegunaannya. Seperti jenis File System NTFS, FAT 32, EXT 3, dan lain-lain.
    2. Folder
      Folder adalah Berkas untuk menyimpan file/data (sistem berkas), sedangkan file adalah berkasnya sendiri. Dan File mempunyai extension (*.exe, *.doc, *.xls, *.psd, *.jpg, *.avi)


      Silahkan Download file yang lebih rapinya :

No Response to "Pengenalan Windows"